Google Larang Pengguna Android Instal AnTuTu
Drama di antara Google dan AnTuTu masih bersambung. Sesudah Google menghapus AnTuTu dari Play Store, sekarang mereka menahan pemakai Android untuk memasang aplikasi benchmark itu dari faksi ke-3.

Google Larang Pengguna Android Instal AnTuTu

Posted on

Drama di antara Google dan AnTuTu masih bersambung. Sesudah Google menghapus AnTuTu dari Play Store, sekarang mereka menahan pemakai Android untuk memasang aplikasi benchmark itu dari faksi ke-3.

Diambil dari Android Police, Jumat (10/7/2020) Play Protect, service Google yang membuat perlindungan pemakai dari kekuatan memasang aplikasi beresiko, mulai memblok instalasi AnTuTu di hp Android.

Bila pemakai berupaya untuk memasang APK AnTuTu, akan ada peringatan dari Play Protect yang menjelaskan aplikasi ini dapat kumpulkan data yang dipakai untuk mencari pemakai.

Disamping itu, pemakai yang buka situs AnTuTu melalui browser Google Chrome untuk mengambil APK akan dikasih peringatan jika situs ini memiliki kandungan aplikasi yang beresiko serta dapat dipakai untuk kumpulkan data pemakai.

Peringatan ini ada saat Android Police berusaha untuk memasang AnTuTU versus 8.3.9 serta 8.3.5. Tetapi versus 8.3.4 serta awalnya kelihatannya tidak menyebabkan peringatan.

Sekarang ini pemakai masih dapat mempunyai jalan singkat untuk selalu memasang aplikasi itu di hp. Dengan mengeklik tombol “Install anyway”, walau memperoleh peringatan. Tetapi ada pertaruhan jika instalasi AnTuTu akan dilarang seutuhnya dalam tempo dekat.

Google sendiri sudah menyepak AnTuTu dari Play Store pada Maret kemarin. Waktu itu pencekalan AnTuTu kelihatannya berkaitan dengan dihapusnya beberapa puluh aplikasi bikinan Cheetah Mobile, developer yang sudah menyalahi kebijaksanaan Play Store seringkali.

Cheetah Mobile

Cheetah Mobile sendiri diketahui sering lakukan pelanggaran atas kebijaksanaan Google. Seperti mengganti aplikasi browser standar dari Chrome ke browser bikinan mereka sendiri.

Tetapi CEO AnTuTu Zhao Chen waktu itu mengakui jika perusahaannya tidak berkaitan dengan Cheetah Mobile. Walau dia mengaku jika developer itu adalah salah satunya investor AnTuTu.

Dia mengatakan permasalahan ini berlangsung sebab ada salah paham dalam penilaian Google. Sebab AnTuTu memakai service legal Cheetah Mobile hingga link ketentuan privacy perusahaan memakai alamat cmcm.com yang terkait dengan Cheetah Mobile

“Ini yang kami sedang benahi, termasuk juga mengubah service legal,” tutur Zhao,

Sampai sekarang ini baik Google atau AnTuTu belum memberi info berkaitan perkembangan ini. Google belum memberikan fakta kenapa mereka kokoh untuk larang instalasi AnTuTu di hp Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *