PlayStation
Sony Stop Service PlayStation Store Di China, Mengapa?

Sony Stop Service PlayStation Store Di China, Mengapa?

Posted on

Sony Stop Service PlayStation Store Di China, Mengapa? Sony membatalkan service PlayStation Store di China daratan. Penundaan ini dilaksanakan untuk upgrade skema keamanan toko game online itu.

PlayStation Store Di China

Diambil Franciscojimenezmarten dari Reuters, Senin (11/5/2020) Sony memberitahukan penundaan ini melalui sosial media Weibo di hari Minggu (10/5). Dalam informasi itu tidak disebut kapan service ini akan kembali lagi bekerja.

Tetapi, penundaan ini berlangsung sesaat sesudah ada laporan di sosial media China mengenai pemakai PlayStation yang dapat terhubung serta mengambil game tidak berlisensi dari negara lain melalui backdoor.

Pada awal bulan ini, seorang pemakai Weibo namanya ‘senliyingsi’ menjelaskan dia sudah memberikan laporan backdoor itu pada kewenangan China. Uploadnya itu selanjutnya dinilai oleh beberapa ribu fans game di China.

Reuters mendapatkan beberapa penjual di basis e-commerce yang tawarkan layanan untuk menjebol batasan yang berada di PlayStation Store China dengan bayaran kurang dari 5 dolar.

Saat diminta info oleh Reuters, Sony tidak menjawab apa penundaan ini adalah dampak dari laporan itu. Mereka cuma menjelaskan penutupan sesaat ini untuk tingkatkan keamanan service PlayStation Store.

Perusahaan, baik domestik atau asing, yang ingin mengeluarkan game di China harus memperoleh lisensi dari regulator content terlebih dulu. Lisensi ini diberi untuk menahan masuknya game dengan content yang tidak cocok serta dipandang mencelakakan, contohnya content kekerasan.

Untuk mengikuti ketentuan itu, produsen konsol game seperti Sony serta Nintendo buka toko online spesial untuk pasar China yang berisi game yang sudah disepakati regulator.

Tetapi jumlah game yang ditawarkan benar-benar terbatas serta memaksakan gamer cari langkah untuk menyiasati skema supaya bisa terhubung game yang terkenal tetapi tidak berlisensi.

Contohnya di tahun 2019 lalu, Sony cuma memberikan tambahan 13 game baru ke PlayStation Store China. Nintendo Switch justru cuma tawarkan tiga game di toko online-nya semenjak melaju di China pada Desember 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *